Inilah Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE Pada Smartfren yang Jarang Diketahui

Jaringan 4 G Smarrtfren

Perusahaan telekomunikasi Smartfren telah memperluas penjualan produk ponsel pintar Andromax mereka yang telah mendukung jaringan 4G LTE di beberapa daerah di Indonesia. Sama halnya seperti operator GSM, frekuensi untuk layanan internet bergerak pada Smartfren juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebab seperti yang kita ketahui bersama bahwa layanan 4G LTE milik Smartfren ini berjalan pada dua frekuensi, yakni 2.300 MHz serta 850 MHz.

Mengenai sumber dayanya, pita lebar atau yang lebih dikenal dengan istilah broadband yang dimiliki Smartfren untuk menggelar 4G LTE cukup powerful jika dibandingkan dengan operator jaringan yang lainnya. pada frekuensi 2.300 MHz, Smartfren telah didukung dengan sumber daya pita lebar sebesar 30 MHz. Sementara pada frekuensi 850 MHz, Smartfren telah didukung dengan pita lebar sebesar 10 MHz. Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa kedua frekuensi tersebut memiliki teknologi yang berbeda. Untuk bisa menyelenggarakan layanan internet berkecepatan tinggi, keduanya telah didukung dengan teknologi time division duplex (TDD) dan frequency division duplex (FDD).

Untuk menggelar layanan ini, sudah tentu ada banyak hal yang harus dilewati oleh pihak Smartfren. Salah satu langkah yang mereka lewati adalah pembuatan ponsel pintar Andromax. Langkah tersebut diambil karena melihat keadaan pasar, di mana ada banyak ponsel yang telah mendukung band 5 atau 850 MHz, tetapi tidak mendukung di band 4 atau 2.300 MHz. Mereka menganggap bahwa hal tersebut tidaklah ideal.

Nah untuk menyiasati hal tersebut, Smartfren kini memperluas bisnisnya dengan cara membuat perangkat Andromax untuk bisa memenuhi kebutuhan para pengguna dan andromax juga sebagai Modem 4 G Terbaik. Hal ini bertujuan agar ponsel pintar 4G LTE milik pengguna dapat digunakan untuk melayani jaringan di dua frekuensi dan dua teknologi yang berbeda.

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi yang saat ini digunakan oleh Smartfren adalah LTE-Advanced yang pertama kalinya muncul di Indonesia. Salah satu keunggulan dari LTE-Advanced ini adalah mampu menggabungkan teknologi TTD dan FDD dalam satu perangkat jaringan yang disebut dengan istilah Carrier Aggregation.

Selain itu, frekuensi 850 MHz dan 2.300 Mhz yang diusung oleh Smartfren juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada jaringan 4G LTE dengan frekuensi 2.300 MHz, Anda bisa mendapatkan kecepatan internet yang lebih stabil ketika digunakan. Akan tetapi, area yang dapat dijangkau oleh frekuensi ini sangatlah terbatas. Sementara itu, cakupan area pada frekuensi 850 MHz terbilang tinggi. Sebab idealnya memang semakin rendah frekuensi, maka akan semakin luas area yang dapat dijangkau. Namun dalam hal kecepatan, frekuensi 850 MHz memang tidak sebanding dengan frekuensi 2.300 Mhz.

Dengan digunakannya Carrier Aggregator, makan layanan internet pada Smartfren akan menjadi satu kesatuan yang dapat saling mengisi satu sama lain. Bahkan, salah satu pihak Smartfren mengatakan bahwa mereka mampu membuat ponsel yang dapat mencari BTS-nya sendiri ketika salah satu jaringannya sudah penuh. Dengan begitu, kualitas jaringan yang akan didapatkan bisa lebih baik lagi.

Saat ini, teknologi ponsel pintar tersebut telah mulai diproduksi untuk pasar China dan India. Pihak Smartfren sendiri telah memastikan bahwa sudah ada chipset yang mendukung dua frekuensi dalam satu perangkat sekaligus.

Meskipun di masa depan akan semakin banyak ponsel yang mampu mendukung dua frekuensi seperti ini, namun Andromax memiliki kesempatan untuk memberikan jalan bagi merek baru yang akan memasuki pasar global. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa pada jaringan 4G LTE di frekuensi 2.300 MHz, Smartfren akan memanfaatkan seluruh sumber daya pita lebar yang dimilikinya untuk internet. Namun meskipun demikian, salah satu operator jaringan 4G LTE ini masih menyisakan layanan telepon dan SMS pada frekuensi 850 Mhz dengan sumber 10 MHz.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan 4G LTE pada Smartfren yang perlu Anda keteahui. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *